SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Amankan Arus Mudik, KAL Sembulungan Jalani Patroli Perdana di Selat Bali

Muhammad Nurul Yaqin - 05 April 2024 | 16:04 - Dibaca 166 kali
News Amankan Arus Mudik, KAL Sembulungan Jalani Patroli Perdana di Selat Bali
KAL Sembulungan perdana jalankan patroli di Selat Bali, Jumat (5/4/2024). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Usai diresmikan, Selasa 2 Maret 2024 kemarin, Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan jalani patroli perdananya di Selat Bali.

Patroli yang dilakukan pada Jumat (5/4/2024), KAL Sembulungan ditemani dua kapal Inflatable Boat (RIB). Kapal-kapal itu juga dilengkapi alat penyelamatan atau SAR. 

Pasops Lanal Banyuwangi, Kapten Laut (P) Murdiyanto mengatakan, operasi ini dalam rangka pengamanan arus mudik Lebaran 2024.

Diketahui arus mudik dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi mulai terjadi peningkatan penumpang terhitung H-5 lebaran.

“Keamanan sektor transportasi laut juga perlu kita tingkatkan seiring meningkatnya keramaian pemudik ini,” ujarnya.

Hasil operasi, kata Murdiyanto, berjalan aman dan lancar. Patroli ini akan rutin dilakukan sebagai upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik yang saat ini terus berlangsung. 

Rute patroli diantaranya adalah penyeberangan lintas Ketapang - Gilimanuk. Pun juga Dermaga Jangkar, Situbondo. Dermaga ini menjadi jalur mudik dari Jawa ke Kepulauan Madura. 

Selain KAL Sembulungan, lanal juga menyiagakan KAL Rajegwesi dan sejumlah armada penunjang lainnya. Seluruh armada akan disiagakan mulai tanggal 4-16 April.

Sementara Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan patroli ini mewaspadai beberapa potensi ancaman yang dapat mengganggu kelancaran dan keamanan arus mudik. 

"Sesuai arahan pimpinan beberapa potensi itu, seperti bencana alam, kecelakaan laut, peredaran narkoba bahkan terorisme," kata Hafidz. 

Selain kapal, Lanal juga menyiagakan 4 regu untuk mengamankan arus mudik. Mereka akan standby bersama personel kepolisian di posko mudik yang tersebar di sepanjang jalur mudik di Banyuwangi. 

"Harapannya, dengan patroli yang ditingkatkan bisa memberikan rasa aman ke pemudik," terang Hafidz. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV