SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Ratusan Pemancing di Banyuwangi Peringati HUT RI ke-77 dengan Semangat Gotong Royong

Muhammad Nurul Yaqin - 17 August 2022 | 14:08 - Dibaca 308 kali
Komunitas Ratusan Pemancing di Banyuwangi Peringati HUT RI ke-77 dengan Semangat Gotong Royong
Komunitas angler Banyuwangi rayakan hari kemerdekaan dengan dengan semangat gotong royong, Rabu (17/8/2022), di Pantai Waru Doyong, Desa Kumendung, Kecamatan Muncar. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Belasan komunitas pemancing di Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, di Pantai Waru Doyong, Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Rabu (17/8/2022).

Sekitar 200 angler yang hadir dan tergabung dalam tim mancing mania Banyuwangi itu secara khidmat melangsungkan upacara kemerdekaan. Hadir juga anggota DPRD Banyuwangi Irianto, yang sekaligus menjadi bagian dari komunitas pemancing tersebut.


Irianto saat dipercaya sebagai inspektur upacara, dalam amanahnya, politisi PDI Perjuangan ini mengajak semua angler di Banyuwangi mengisi kemerdekaan dengan semangat gotong royong.

Menurutnya, melalui kebersamaan dan gotong royong bangsa Indonesia tidak akan mudah terpecah belah. Hal ini merupakan salah satu cara menghargai para pahlawan yang telah gugur memerdekakan bangsa Indonesia.

"Marilah kita jangan sampai lupa dengan jas merah, dengan kita menghargai dan selalu mengenang bahwa beliau adalah sebagai pahlawan kita. Karena kita bisa seperti ini juga hasil jerih payah para pejuang yang gugur membela tanah air. Ayo kita ciptakan rasa gotong royong untuk mengisi kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pendahulu kita," ungkap Irianto.


Menurut Irianto, perjuangan tidak ada hentinya, perjuangan bukan hanya ketika negara Indonesia dijajah. Namun perjuangan terus berjalan, demi mengisi apa yang menjadi impian bangsa Indonesia.

"Dengan adanya perjuangan dan semangat kegotong royongan, saya yakin apa yang menjadi impian kita pasti bisa tercapai," tuturnya.

Sementara Ketua Rewell, Wariyono menambahkan, ada sekitar 18 komunitas pemancing yang hadir dalam kegiatan upacara hari kemerdekaan itu. Salah satu tujuan adanya kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi.


"Harapan kami sebagai komunitas pemancing, pertama menjunjung tinggi solidaritas, serta melestarikan lingkungan dengan menjaga laut dan kita lestarikan untuk keberlangsungan hidup para nelayan," kata salah satu ketua komunitas pemancing yang bermarkas di Kecamatan Muncar ini.

Koordinator 18 komunitas pemancing wilayah Rogojampi hingga Kalibaru, Sis mengungkapkan rasa terima kasih atas terselenggaranya upacara memperingati hari kemerdekaan tersebut.

"Terutama kepada pak Irianto dan ketua Rewell, semoga kebersamaan dan persaudaraan ini terus berlanjut selamanya," ungkapnya.


Sebagai informasi, selain menyalurkan hobi memancing, para angler Banyuwangi itu juga memotivasi diri untuk berbuat kebaikan kepada sesama lewat hobinya.

Mereka aktif menebar manfaat, selain aksi sosial kegiatan yang dilakukan kelompok Mancing Mania Banyuwangi ini juga meningkatkan nilai-nilai ekonomi.

Mereka rutin menggelar mancing bareng di laut dan hasil tangkapan ikan dari memancing, semuanya donasikan kepada yayasan yatim piatu. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya