SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Kontes Burung Berkicau Kapolresta Banyuwangi Cup I, Jadi Ajang Silaturahmi Kicau Mania

Muhammad Nurul Yaqin - 10 July 2022 | 18:07 - Dibaca 2.07k kali
Komunitas Kontes Burung Berkicau Kapolresta Banyuwangi Cup I, Jadi Ajang Silaturahmi Kicau Mania
Lomba burung berkicau yang digelar Polresta Banyuwangi di GOR Tawangalun, Minggu (10/7/2022). (Istimewa).

BANYUWANGI- Kontes burung berkicau perdana digelar Polresta Banyuwangi di GOR Tawangalun, Minggu (10/7/2022). Kontes digelar masih dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76.

Kontes bertajuk "Kapolresta Cup I" itu diikuti ratusan kicau mania atau pecinta burung berkicau. Tak hanya dari Banyuwangi, seperti Bali, Jember, Surabaya, hingga Probolinggo ikut andil dalam lomba tersebut.

Terdapat berbagai macam burung yang dilombakan seperti burung jenis Anis Merah, Cucak Ijo, Trucuk, Murai Batu, Cendet, Konin, Kenari, Tlede'an, dan Lovebird. 

Lomba burung berkicau dibagi menjadi 40 kelas. Diantaranya kelas Cucak Ijo Kapolresta, Murai Batu Kapolresta, Anis Merah Eksekutif, dan lainnya.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa menyampaikan, kegiatan lomba burung berkicau Kapolresta Cup yang pertama ini dilaksanakan dalam rangka menjalin tali silaturahmi, khususnya para penghobi burung berkicau.

Selain itu, kontes tersebut juga sengaja digelar sekaligus untuk menyalurkan hobi penggemar burung yang diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri di sektor pariwisata. "Kontes burung berkicau ini baru pertama kali diadakan di Banyuwangi," ujar Mille.

Kapolresta Mille mengucapkan terimakasih terhadap para kicau mania yang ikut hadir dan turut serta meramaikan lomba dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-76, tahun 2022.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat menyatukan persaudaraan dan menghasilkan burung yang berkualitas baik," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Dika Jati Agung mengatakan, ada 700 lebih peserta yang berpartisipasi dalam lomba burung berkicau tersebut. "Peserta lomba berasal dari berbagai kota di Jawa Timur hingga Bali," sebutnya.

Dalam lomba yang digelar selama satu hari ini, pihak panitia mendatangkan Asosiasi Burung Nusantara (ABN) untuk mengawal proses penjurian mulai awal hingga akhir.

"Untuk penilaian lomba burung kicau dengan nilai tertinggi dan keluar sebagai juara, peserta akan mendapatkan tropi, uang tunai hingga hadiah utama sepeda motor dan sangkar burung dari Kapolresta Banyuwangi," jelas dia. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV