SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Antisipasi Omicron, Ratusan Napi di Lapas Banyuwangi Divaksin Booster

Muhammad Nurul Yaqin - 28 February 2022 | 12:02 - Dibaca 1.59k kali
Kesehatan Antisipasi Omicron, Ratusan Napi di Lapas Banyuwangi Divaksin Booster
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Banyuwangi saat menjalani vaksinasi booster (ketiga, di Aula Sahardjo, Senin (28/2/2022). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Ratusan narapidana di Lapas Kelas IIA Banyuwangi, mendapat giliran vaksinasi Covid-19 booster (ketiga), Senin (28/2/2022).

Vaksinasi yang digelar di Aula Sahardjo Lapas Banyuwangi, itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron masuk ke dalam Lapas.

"Total ada sebanyak 315 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan vaksin dosis ketiga," jelas Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto.

Wahyu mengatakan, vaksinasi kali ini bekerjasama dengan Kodim 0825/Banyuwangi dibantu petugas kesehatan Lapas Banyuwangi, untuk percepatan vaksinasi bagi seluruh WBP atau narapidana.

Vaksinasi booster tersebut, kata Wahyu, diberikan kepada WBP yang vaksinasi tahap pertama dan keduanya mendapatkan dosis vaksin jenis Sinovac.

“Vaksin booster kali ini merupakan jenis vaksin Astrazeneca, dan diberikan kepada warga binaan yang mendapatkan jenis vaksin awal Sinovac,” imbuhnya.

Pihaknya mengupayakan agar seluruh WBP di Lapas yang berada di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Jatim tersebut segera mendapatkan dosis vaksin secara lengkap hingga vaksin booster.

“Saat ini warga binaan kami berjumlah sekira 890 orang, sehingga memang sudah sangat padat. Karenanya, percepatan kegiatan vaksinasi terus kami upayakan,” tuturnya.

Pria kelahiran Jawa Tengah tersebut juga mengungkapkan bahwa jenis vaksin yang diterima oleh WBP di Lapas Banyuwangi berbeda-beda.

Hal tersebut disesuaikan dengan stok vaksin yang dimiliki oleh Kodim 0825 Banyuwangi maupun Dinas Kesehatan Banyuwangi.

“Mudah-mudahan seluruh warga binaan kami dapat segera mendapatkan dosis vaksin yang lengkap, karena memang dari sekira 880 warga binaan kami, sudah ada yang mendapatkan dua kali dosis vaksin dan ada yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama,” ujarnya.

Selain itu, Wahyu menjelaskan saat ini Lapas Banyuwangi memperketat penerapan protokol kesehatan, sehingga diharapkan bisa mencegah menyebarnya varian Omicron ke dalam Lapas.

Menurutnya, peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan telah dilaksanakan di Lapas Banyuwangi, dengan rutin melakukan penyemprotan cairan desinfektan di area blok hunian maupun area kantor. 

*Kami juga telah membagikan vitamin kepada warga binaan dan rutin mengarahkan mereka untuk berjemur. Semoga ikhtiar yang kami lakukan ini dapat menghindarkan Lapas Banyuwangi dari sebaran Virus Covid-19,” tutup Kalapas. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV