SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Libur Panjang Sekolah, Wisatawan Serbu Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 30 June 2024 | 17:06 - Dibaca 1.53k kali
Wisata Libur Panjang Sekolah, Wisatawan Serbu Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi
Pengunjung anak-anak saat menikmati permainan berkuda di destinasi wisata Pantai Cacalan Banyuwangi. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Cacalan Banyuwangi, melonjak. Lonjakan wisatawan itu karena periode libur panjang sekolah.

Pantauan pada Minggu (30/6/2024), ratusan pengunjung menyerbu pantai yang terletak di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro ini.

Ketua Pokdarwis Pantai Cacalan, Khoiri menyebut, terjadi lonjakan pengunjung hingga 50 persen dibanding hari biasa. 

Ia berucap, pada libur akhir pekan ini saja, bisa tembus di angka 1.200 pengunjung. “Kalau weekend itu, bisa 1.200 wisatawan per harinya untuk Sabtu dan Minggu,” tuturnya.

Dalam periode satu bulan ini, tambah Khoiri, jumlah pengunjung Pantai Cacalan tembus 13.600 orang.

“Peningkatan bisa 50 persen dari hari biasa. Liburan sekolah ini sangat melonjak dari pengunjung kami,” ungkap dia.

Pengunjung di Pantai Cacalan tidak hanya dari wisatawan lokal. Melainkan dari berbagai daerah. Mereka datang menikmati berbagai fasilitas wahana wisata yang disediakan pengelola.

Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas seru, seperti bermain kano di rawa yang tenang, menunggangi kuda, ayunan, bermain pasir, hingga menikmati deburan ombak yang menghadap langsung ke Selat Bali.

“Saya sangat senang berada di Sini. Tempatnya bersih, sejuk, nyaman. Disini juga ada kanonya. Jadi cocok banget jadi destinasi wisata keluarga,” Rama, wisatawan asal Jember.

Pengunjung tidak perlu membawa terlalu banyak perbekalan dan tikar pribadi ke Pantai Cacalan. Karena pengelola juga sudah menyediakan pondok khusus untuk bersantai. 

Pengunjung bisa memesan makanan maupun minuman dengan harga terjangkau di warung-warung sekitar. Mulai ikan bakar, ayam geprek, betutu, nasi pecel, nasi rawon, dan lainnya.

Setelah puas menikmati pantai dan berkeliling, bermain pasir dan juga berjalan-jalan mengitari pantai, pengunjung bisa beristirahat sambil rebahan namun masih dengan suasana lepas pantai.

Karena di pinggir pantai telah berjejer beberapa tempat kursi teduh dengan payung yang melindungi kulit dari sinar matahari.

“Pantai ini memang paling enak dibuat untuk bersantai, dan menghilangkan penat,” ujar Ana, pengunjung asal Gresik.

Pantai Cacalan dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Khusus akhir pekan, tiket masuk di pantai ini dijual Rp 7.500 per orang. Sedangkan di hari biasa Rp 5 ribu.

Fasilitas di wisata ini sudah sangat memadai. Seperti toilet, musala, dan keperluan dasar lainnya. Pantai Cacalan hanya berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV