SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Operasi Patuh, Polisi Banyuwangi Tilang 576 Pengendara Bandel

Muhammad Nurul Yaqin - 13 July 2023 | 15:07 - Dibaca 1.03k kali
TNI/Polri Operasi Patuh, Polisi Banyuwangi Tilang 576 Pengendara Bandel
Kamera ETLE yang terpasang di traffic light Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Kamis (13/07/2023). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Memasuki hari keempat, Operasi Patuh Semeru 2023 yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur telah menindak sebanyak ratusan pengendara.

Berdasarkan data Satlantas Polresta Banyuwangi, total pelanggar lalu lintas sejak 10-12 Juli 2023 tercatat mencapai 576 pengendara.

Sebanyak 576 pengendara ini ditindak di empat lokasi. Diantaranya di Jalan S Parman ada 70 pelanggar, Sukowidi 202 pelanggar, PB Sudirman 112 pelanggar dan Jalan Ahmad Yani 192 pelanggar.

"Pelanggar lalu lintas didominasi pengendara roda dua," ujar Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Randy Asdar, Kamis (13/07/2023).

Ia menyebut, dari ratusan pelanggar seluruhnya diberikan tindakan tegas berupa tilang dengan menggunakan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Jenis pelanggaran yang ditilang antara lain tidak memakai helm, melawan arus dan menerobos lampu merah.

"Jangan karena sudah memiliki SIM, masyarakat merasa bebas berkendara. Kalau melanggar tetap kita tilang," tegasnya.

Randy menyebut, adanya operasi ini pengendara yang kedapatan melanggar diharapkan bisa mendapatkan efek jera dan lebih tertib berlalu lintas. 

"Kepada pengendara, tidak hanya ada Operasi Patuh, setiap hari kami ingatkan dan imbau kepada masyarakat pengguna jalan hati-hati di jalan dan lengkapi surat-surat," tuturnya.

Selain pemantauan melalui ETLE, Satlantas Polresta Banyuwangi juga gencar melakukan operasi di titik-titik rawan pelanggaran.

"Pengendara yang terjaring razia juga kita berikan tindakan preventif dan persuasif. Tujuannya agar masyarakat tertib berlalu lintas," ucap Randy.

Ia menambahkan, Operasi Patuh Semeru masih akan berlangsung hingga Minggu, 23 Juli 2023.

"Kami minta masyarakat selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, baik keselamatan diri sendiri maupun orang lain," tukasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV