SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Jambore Posyandu Banyuwangi, Sinergi Kader Tingkatkan Layanan Kesehatan Desa

Muhammad Nurul Yaqin - 19 September 2024 | 13:09 - Dibaca 39 kali
Kesehatan Jambore Posyandu Banyuwangi, Sinergi Kader Tingkatkan Layanan Kesehatan Desa
Bupati Ipuk berada di tengah-tengah ratusan kader Posyandu se-Banyuwangi saat acara Jambore. (Foto: Humaskab).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Ratusan kader Posyandu se Banyuwangi mengikuti “Jambore Kader Posyandu” yang berlangsung di destinasi wisata Hutan Djawatan, Rabu (18/9/2024). Jambore ini digelar untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan keterampilan para kader dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Jambore Posyandu diikuti hampir seribu kader se Banyuwangi. Beragam kegiatan berlangsung pada jambore tersebut mulai dari pemberian materi tentang teknik komunikasi dan pelayanan kepada masyarakat, pengetahuan tentang 25 kompetensi layanan di Posyandu hingga games untuk menjalin kekompakkan antar kader.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk dedikasi seluruh kader posyandu yang terus memberikan pelayanan kesehatan pada warga,” kata Bupati Ipuk Fiestiandani.

Jambore Kader Posyandu menjadi ajang untuk para kader meningkatkan pengetahuan dan sharing antar kader dalam menjalankan tugas. 

Ipuk juga mengajak para kader untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan integrasi layanan primer (ILP) di posyandu. Dimana saat ini Posyandu di Banyuwangi melayani seluruh siklus hidup mulai bayi, anak, remaja, usia produktif hingga lansia.

Di kesempatan tersebut Ipuk juga meminta kepada kader untuk ikut membantu desa dalam menangani tujuh hal yang harus selesai di tingkat desa. Yakni anak miskin yang tidak bisa sekolah; ibu hamil, bayi, dan balita yang kurang gizi; warga miskin tidak bisa berobat; lansia sebatangkara; sampah; dan tata ruang.

“Caranya adalah dengan melaporkan bila menemukan permasalahan tersebut. Kalau ada anak yang putus sekolah bisa dilaporkan ke satuan koordinator wilayah pendidikan untuk ditindak lanjuti atau jika ditemukan warga belum dapat layanan kesehatan bisa dilaporkan ke puskesmas,” ujar Ipuk.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Amir Hidayat mengatakan, jumlah kader posyandu di Banyuwangi saat ini ada sebanyak 11.684 kader. 

Jambore Kader Posyandu sendiri merupakan kegiatan tahunan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi kader dalam pelayanan.

“Peserta jambore terbaik akan kita kirim untuk mengikuti Jambore Posyandu tingkat nasional,” pungkas Amir. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV