SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Anak di Banyuwangi Disunat Jin, Begini Penjelasan Kedokteran

Muhammad Nurul Yaqin - 17 February 2022 | 18:02 - Dibaca 1.57k kali
Kesehatan Anak di Banyuwangi Disunat Jin, Begini Penjelasan Kedokteran
Direktur RSUD Blambangan, dr Widji Lestariono, memberikan penjelasan terkait fenomena anak disunat jin, Kamis (17/2/2022). (Suaraindonesia.co.id/Dok).

BANYUWANGI- Fenomena anak diduga disunat jin terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur. Alat kelamin sang anak berbentuk seperti sudah disunat padahal belum pernah melakukan khitan.

Menurut keterangan medis, kejadian seperti ini disebut parafimosis, dimana kulit kulup penis anak ketarik ke belakang, setelahnya tidak bisa kembali ke bentuk semula.

"Biasanya dimainin sama anak, sehingga ketarik ke belakang dan tidak bisa kembali lagi. Jadi itu bukan disunat Jin, itu hanya mitos yang berkembang di masyarakat," kata Direktur RSUD Blambangan, dr Widji Lestariono, menanggapi fenomena tersebut, Kamis (17/2/2022).

Menurutnya, memang setelah kulup penis ketarik kebelakang, bentuk alat kelamin anak seperti sudah disunat. "Sehingga ini yang dinamakan parafimosis," jelas dr Rio sapaan akrabnya.

dr Rio juga menerangkan, dampak parafimosis juga dapat berakibat fatal jika dibiarkan terlalu lama. Bisa-bisa terjadi kerusakan.

"Kulit kulup yang ketarik dan kemudian tidak bisa kembali, itu menjerat kepala penis. Karena menjerat, maka aliran darah dapat terhambat, sehingga dapat menyebabkan kepala penisnya bengkak berwarna merah kebiruan," tuturnya.

Dia menyarankan agar anak yang mengalami parafimosis dapat segera dilakukan tindakan khitan yang sebenarnya. 

"Karena jika tidak sunat sesegera mungkin, maka bisa terjadi kerusakan di penis tersebut. Karena itu tadi aliran darahnya terhambat, bisa terjadi kerusakan," pungkas dr Rio.

Sebelumnya diberitakan, seorang bocah berusia 7 tahun di Dusun Krajan, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, mengalami fenomena aneh. 

Secara tiba-tiba kulit kulup penis anak ketarik ke belakang mirip di sunat. Padahal belum pernah melakukan khitan.

Kejadian ini kemudian sempat menghebohkan warga sekitar, karena dikira disunat jin atau makhluk halus. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV