SUARA INDONESIA
Banner

Goa Sodong Banyuwangi, Wisata Alam yang Menyejukkan dan Unik

BANYUWANGI- Kabupaten Banyuwangi memang terkenal dengan daerah yang memiliki cukup banyak wisata alam yang begitu indah dan mempesona.

Salah satu destinasi yang tak kalah indahnya yakni wisata Goa Sodong. Selain menyejukkan untuk melepas penat, tempat ini juga unik karena sarat akan legenda.

Wisata ini berada di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi. Konon sebelum dijadikan tempat wisata, Goa Godong diceritakan merupakan sebuah tempat pertapaan seorang leluhur jaman dahulu.

Seperti yang dijelaskan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Muhammad Nur Hariri, tempat ini memiliki beberapa tahap sebelum menjadi destinasi wisata yang populer.

"Berawal dari tempat yang dipercaya sebagai lokasi pertapaan sesepuh Desa Grogol, kemudian kami menggugah pemuda untuk membersihkan areal tersebut, perlahan banyak orang luar berdatangan, dan kami coba swadaya untuk mengembangkan jadi tempat wisata," cerita Hariri.

Dikisahkan sosok sesepuh Desa Grogol tersebut adalah Mbah Kecling atau H. Hasan yang merupakan anak dari Wong Agung Wilis seorang pejuang Blambangan di masa penjajahan Belanda.

Singkat cerita, seiring berjalannya waktu Goa Sodong menjadi destinasi menarik berkat kerja keras masyarakat sekitar. Wisata ini menawarkan sumber mata air yang jernih dan terdapat kolam di tengah areal tempat wisata.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut selain menikmati alam yang masih asri dan ciamik. Pengunjung juga bisa mandi, merasakan sejuknya air pegunungan.

Tiketnya juga tidak menguras kantong, cukup Rp 5 Ribu saja wisatawan sudah bebas berenang sambil menikmati seluruh fasilitas wisata disana. Tempat ini sangat pas untuk dijadikan momen berlibur bersama keluarga.

Sembari kegiatan wisata yang berjalan, Hariri berharap kedepan nilai sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan Goa Sodong bisa menjadi salah satu wahana wisata edukatif bagi kaum terpelajar maupun sejarawan.

"Kisah di Goa Sodong memang sangat menarik, kami menunggu sejarawan yang siap meneliti lebih dalam," ujarnya.

Sehingga diharapkan, wisata Goa Sodong bisa menjadi destinasi wisata alam yang lengkap dengan pengetahuan sejarah tentang pertapaan leluhur di desanya. (*)

Apa Reaksi Anda?