SUARA INDONESIA
Banner

KPU Banyuwangi: Relawan Demokrasi Diharapkan Bisa Tingkatkan Partisipasi Pemilih

BANYUWANGI - Dibentuknya relawan demokrasi diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020.

Harapan tersebut disampaikan Dian Purnawan Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM usai kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) relawan demokrasi yang dilaksanakan di Aula Hotel Aston Banyuwangi, Selasa (13/10/2020).

Ia mengatakan, usai mengikuti Bimtek, relawan demokrasi akan bekerja hingga akhir November 2020. Mereka akan datang ke masyarakat melakukan sosialisasi tentang Pilkada.

Dari 30 relawan yang dibentuk. Relawan demokrasi dijadikan per kelompok yang diisi 3 orang sesuai basisnya. Diantaranya basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, disabilitas, komunitas, keagamaan, marjinal, perempuan, internet, dan berkebutuhan khusus.

Dengan hadirnya relawan demokrasi ini diharapkan dapat membantu KPU untuk mencapai targetnya. 

"Kita punya target yang diberikan KPU-RI sebesar 77,5 dari seluruh pemilih yang ada di Banyuwangi," tuturnya.

Kehadiran relawan demokrasi itu juga diharapkan bisa menjadi penyambung KPU dalam melakukan sosialisasi. Karena pemilihan tahun 2020 ini berbeda dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya.

"Mengingat Pilkada saat ini dilaksanakan di tengah masa pandemi covid-19. Jadi yang membedakan hanya jumlah kerumunan massa yang saat ini dibatasi maksimal 50 orang," tandasnya.

Apa Reaksi Anda?