SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Gunung Semeru di Lumajang Meletus, Lahar Panas Mengalir ke Curah Kobokan Pronojiwo

Lisa Asanul Farida - 01 December 2020 | 07:12 - Dibaca 25.57k kali
Peristiwa Daerah Gunung Semeru di Lumajang Meletus, Lahar Panas Mengalir ke Curah Kobokan Pronojiwo
Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur (Foto Istimewa)

LUMAJANG- Gunung Semeru yang terletak di Ngampo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus, Selasa (01/12/2020).

Saat ini, lahar panas yang keluar akibat letusan gunung sudah mengalir sampai ke sungai Curah Kobokan cek dam 3 Pronojiwo yang tidak jauh lokasinya dari gunung semerus tersebut.

Menjelang subuh, sudah terjadi letusan dan hujan abu yang disertai kerikil-keriki batu jatuh dari langit dekat gunung yang cukup dekat dari letusan gunung.

Wawan Hadi Siswoyo, Kabid PKL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang membenarkan telah terjadi letusan pada gunung semeru.

"Ia benar telah terjadi letusan yang ditandai peningkatan aktivitas Semeru," ungkapnya kepada media, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Lebih lanjut, Wawan Hadi mengatakan, jika letusan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu letusanya bukan termasuk berskala besar.

Dia menuturkan, bahwa BPBD Lumajang telah mengirim petugas TRC untuk memantau kondisi terkini Gunung Semeru.

Sementara, kata dia Warga melakukan evakuasi mandiri setelah mendengar suara gemuruh letusan Semeru yang disertai oleh hujan abu vulkanik.

"Tim TRC sudah kita kerahkan ke Pronojiwo, semoga tidak terjadi sesuatu," terang Wawan Hadi Siswoyo Kabid PKB BPBD Lumajang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lisa Asanul Farida
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV