SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Keren, SMP 4 Glenmore Banyuwangi Manfaatkan Radio untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Muhammad Nurul Yaqin - 18 March 2021 | 21:03 - Dibaca 241 kali
Pendidikan Keren, SMP 4 Glenmore Banyuwangi Manfaatkan Radio untuk Pembelajaran Jarak Jauh
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyapa peserta didik yang mengikuti pelajaran melalui siaran radio.

BANYUWANGI- SMP Negeri 4 Glenmore yang terletak di Desa Margomulyo ini berinovasi untuk menggelar pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Siswanya yang banyak berasal dari daerah lereng Gunung Raung tak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara online melalui internet. Untuk itu, sekolah mendirikan radio komunitas.

"Di sini, tak semua murid bisa menggunakan handphone karena ada keterbatasan sinyal. Terutama di lereng gunung," ungkap Kepala Sekolah SMPN 4 Glenmore Sapto Orbayani kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (18/3/2021).

Ipuk mengunjungi SMPN 4 Glenmore di sela-sela acara “Bupati Ngantor Desa” di Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Di tengah situasi yang demikian, para guru berinisiatif untuk mendirikan radio. Sehingga pembelajarannya bisa dilakukan jarak jauh tanpa terkendala.

"Bersama teman-teman guru dan atas dukungan wali murid, kami akhirnya mendirikan radio komunitas yang kami beri nama Pamor Radio Education," terang Sapto.

Radio tersebut khusus untuk siaran pendidikan. Dibuka sesuai dengan jam sekolah. Para guru secara bergantian untuk menjelaskan berbagai materi. "Ke depan, kita juga manfaatkan untuk ekstrakurikuler broadcasting," imbuh Sapto.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi inovasi tersebut. "Ini inovasi yang keren di tengah keterbatasan yang ada. Semoga nantinya ini bisa semakin berkembang dan efektif," ungkap Ipuk.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ipuk juga menyempatkan diri untuk menyapa peserta didik yang mengikuti pelajaran melalui siaran radio tersebut. Ipuk mendorong para pelajar untuk tetap semangat belajar dalam kondisi apapun.

"Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, anak-anak tetap semangat belajarnya, ya. Belajar tidak harus di kelas. Bisa dengan membaca buku atau mencoba hal-hal baru lainnya," papar Ipuk.

Pamor Radio Education sendiri beroperasi setiap hari Senin hingga Sabtu. Jam operasionalnya mengikuti jam aktif pembelajaran. Sedari jam 08.00 hingga 12.00 WIB. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV