SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Ini 20 Sekolah di Banyuwangi yang Ditunjuk Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Muhammad Nurul Yaqin - 18 January 2021 | 15:01 - Dibaca 2.03k kali
Pendidikan Ini 20 Sekolah di Banyuwangi yang Ditunjuk Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka
Ilustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi. (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin).

BANYUWANGI- Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Banyuwangi menunjuk 20 sekolah jenjang SMA/SMK sederajat untuk menggelar uji coba pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

20 sekolah tersebut sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penerapan protokol kesehatan secara detail dan dinyatakan siap untuk menjalankan uji coba.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Banyuwangi, Istu Handono menyampaikan, pelaksanaan akan digelar mulai besok, Selasa (19/1/2021).

Istu menerangkan, sebelum sekolah itu ditetapkan, sebelumnya sekolah sudah diberi kesempatan untuk mempersiapkan syarat-syarat pelaksanaan uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di awal tahun 2021.

Syarat-syarat itu antara lain, sekolah harus menyiapkan panduan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi. Seperti berapa lama pembelajaran tatap muka akan berlangsung, dan berapa ruang kelas yang digunakan.

"Juga panduan tentang protokol kesehatan. Misalnya bagaimana nanti ketika siswa di sekolah, harus menggunakan masker, cuci tangan, atur jarak dan sebagainya," ucap Istu.

Istu menyebut, termasuk izin dari orang tua, rekomendasi dari komite, hasil rapid antibodi maupun antigen, serta rekomendasi dari camat masing-masing.

"Syarat-syarat itu kemudian diserahkan kepada kami, lalu kami analisa kemudian kami pilih, sekolah mana yang paling siap untuk menyelenggarakan KBN tatap muka," bebernya.

"Sehingga terhitung 18 Januari, ada 20 sekolah yang kami berikan penetapan untuk uji coba tatap muka terbatas di Banyuwangi," sambungnya.

Istu menambahkan, karena terbatas, jumlah siswa yang diizinkan mengikuti pembelajaran yakni 25 persen dari populasi siswa yang ada. "Dengan durasi tiga jam," tandasnya.

Ini 20 sekolah SMA/SMK sederajat di Banyuwangi yang ditunjuk untuk melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka:

SMAN 1 Banyuwangi, SMAN 1 Genteng, SMAN 1 Giri, SMAN 1 Glagah, SMAN 1 Pesanggaran, SMAN 1 Rogojampi, SMAN 1 Wongsorejo, SMAN 1 Bangorejo, SMA Ibrahimy Wongsorejo, SMA PGRI Cluring.

Lanjut, SMKN 1 Banyuwangi, SMKN 1 Glagah, SMKN 1 Tegalsari, SMKN Wongsorejo, SMK Al Azhar Sempu, SMK Nurut Taqwa, SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, SMK PGRI 1 Banyuwangi, SMK PGRI 1 Giri, dan SMK Sri Tanjung. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV