SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Lestarikan Lingkungan, Bupati Blitar Tanam 10.000 Pohon Mangrove di Pantai Serang

Aris Danu - 26 September 2022 | 19:09 - Dibaca 2.08k kali
Pemerintahan Lestarikan Lingkungan, Bupati Blitar Tanam 10.000 Pohon Mangrove di Pantai Serang
Bupati Blitar Rini Syarifah menanam mangrove di pantai serang

BLITAR - Bupati Blitar Rini Syarifah menanam 10.000 pohon mangrove di Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, Senin (26/09/22). Hal itu dilakukan guna melestarikan lingkungan di wilayah setempat. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan pada ekosistem mangrove hutan pantai sekaligus menjaga kelestarian lingkungan," katanya. 

Bupati Rini menyebut, kegiatan ini hasil kolaborasi pemerintah daerah bersama PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan tujuan guna melindungi ekosistem alam seiring perkembangan zaman agar kelak menjadi modal untuk generasi penerus. 

"Saya sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada PNM Cabang Blitar melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan  (TJSL) ikut membantu berupaya melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dengan penanaman pohon mangrove," terangnya. 

Menurutnya, menanam mangrove sangat berguna memperbaiki ekosistem pesisir pantai, mengurangi abrasi air laut, dan menjaga habitat di sekitar mangrove. Bahkan mangrove sebagai upaya menyimpan emisi karbon lebih banyak daripada hutan tropis di darat.  

"Selain itu dengan tanaman mangrove ini bisa menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengetahui manfaat dari hutan mangrove," ujarnya. 

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove.

"Kegiatan ini saya minta juga ditanamkan kepada generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan, karena akan mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang," imbuhnya. 

Disisi lain, Ia juga berpesan agar menginformasikan atau perkenalkan fungsi dan manfaat mangrove kepada anak muda. Jika perlu, sediakan agenda untuk anak agar bisa menanam bibit mangrove, mengingat Kabupaten Blitar memiliki banyak pantai yang harus dilindungi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV