SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Bupati Situbondo Kukuhkan 27 Dewan Pembina dan Pengurus FPK Periode 2022-2024

Syamsuri - 26 September 2022 | 15:09 - Dibaca 1.41k kali
Pemerintahan Bupati Situbondo Kukuhkan 27 Dewan Pembina dan Pengurus FPK Periode 2022-2024
Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi saat mengukuhkan 25 Dewan Pembina dan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Situbondo masa bakti 2022 - 2024 di Pendopo Aryo Situbondo! (Foto : Syamsuri/Suara Indonesia) 

SITUBONDO - Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi mengukuhkan sebanyak 25 Dewan Pembina dan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Situbondo masa bakti 2022 - 2024.

Pengukuhan Forum Pembauran Kebangsaan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo ini ditempatkan di Pendopo Aryo Situbondo, Senin (26/9/2022) 

Bupati Karna Suswandi usai mengukuhkan langsung meminta kepada pengurus FPK untuk segera bisa bekerjasama membina dan memelihara rasa aman maupun ketertiban masyarakat, terhadap kemungkinan timbulnya isu-isu yang dapat memecahbelah maupun ancaman keutuhan bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Kabupaten Situbondo.

Menurutnya, Forum pembauran Kebangsaan (FPK) itu adalah sebuah forum yang memiliki tugas untuk bisa membangun kebersamaan diantara berbagai perbedaan ras, suku, agama, budaya, dengan begitu Bupati berharap dengan adanya FPK ini mampu merekatkan berbagai perbedaan.

"Perbedaan yang ada, sehingga keutuhan wilayah NKRI bisa terbangun dengan baik," ungkap H Karna Suswandi. 

Jadi, kata dia, sebagaimana isi yang ada di Pancasila itu Bhineka Tunggal Ika walaupun berbeda beda tetapi tetap satu.

Menurut Bupati, selama ini peranan  FPK sendiri di Kabupaten Situbondo, walaupun berbagai perbedaan Situbondo ini menjadi rujukan dari Kabupaten lain, banyak Kabupaten Kabupaten lain yang studi banding ke Situbondo.

"Di Daerah Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih, tentu kedepan ini harus ditingkatkan sebagai upaya untuk merekatkan berbagai perbedaaan, " tutur H. Karna Suswandi. 

"Saya minta mari bersama kita tingkatkan kesadaran dan lebih aktif menciptakan situasi aman, kondusif dan tertib di wilayah kabupaten Situbondo” sambung Bung Karna.

Lebih lanjut Bunga Karna mengatakan komitmen dan sinergritas bersama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus dilakukan dengan baik.

"Tentunya mensinergikan berbagai informasi dalam membina dan memelihara ketentraman di wilayah Kabupaten Situbondo harus dijaga seutuhnya," ucapnya.

Dirinya berharap, Dewan Pembina dan Pengurus FPK  yang sudah dikukuhkan ini dapat melaksanakan tugas lebih profesional, komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan dan tanggung jawab serta sinergritas dengan pemerintah.

"Dalam mewujudkan kondusifitas persatuan dan kesatuan bangsa di wilayah Kabupaten Situbondo” kata Karna Suswandi.

Kemudian Bung Karna juga berharap melalui pengukuhan pengurus FPK ini dapat mengoptimalkan pengembangan dan nilai kesadaran berbangsa dan bernegara, tentunya dengan landasan pembauran dan kerukunan antar umat beragama dapat terjalin toleransi dengan baik dalam adat dan budaya di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo. 

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi mengatakan maksud membentuk forum pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Situbondo ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 tahun 2006.

Sebagai wadah komunikasi, informasi, konsultasi dan kerjasama antar warga serta Forum yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dan konflik antar suku, ras, budaya dan agama di Kabupaten Situbondo, kata Sopan Efendi. 

Menurutnya,  pengukuhan Kepengurusan FPK  Kabupaten Situbondo sebagai landasan legalitas kepengurusan dalam melaksanakan  peran dan tugasnya dalam membangun sinergitas kepengurusan FPK yang berkaitan pembauran kebangsaan.

"Sehingga tercipta situasi yang aman, damai dan tentram di Kabupaten Situbondo,"jelasnya.

Peserta ini diikuti sebanyak 27 orang terdiri dari Dewan Pembina FPK sebanyak 12 orang, Pengurus FPK sebanyak 13 orang dan sekretariat FPK sebanyak 2 orang. 

Kegiatan pengukuhan FPK Kabupaten Situbondo ini dapat terlaksana atas apresiasi yang sangat tinggi dari Bapak Bupati, H. Karna Suswandi terhadap keberadaan FPK.

"Selain itu juga dukungan dan motivasi dari Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo serta kerjasama dari semua pihak, sehingga pelaksanaan ini dapat terlaksana dengan baik," pungkas Sopan Efendi.  (Syam/ADV).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV