SUARA INDONESIA
Banner

Toleransi Ramadhan, Warga Non Muslim di Banyuwangi Turut Berbagi Takjil Gratis

BANYUWANGI- Puluhan warga non-muslim di Banyuwangi, Jawa Timur, membagikan ratusan bungkus takjil gratis bagi pengendara dan pejalan kaki di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Selasa (27/4/2021) sore.

Aksi berbagi takjil tersebut dilakukan oleh pelajar di SMA Katolik Hikmah Mandala Banyuwangi. Puluhan pelajar terlihat bersemangat, berbaris sambil membagikan satu persatu takjil kepada warga.


Panitia takjil, Kartika Namiko Yuki mengatakan, aksi berbagi takjil gratis itu sebagai wujud kepedulian kepada umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Karena bulan ini bulan puasa, untuk menambah pahala dan juga toleransi kepada umat beragama yang lain, jadi kita menyiapkan takjil ini untuk berbagi," kata Kartika usai membagikan takjil.


Tak butuh waktu lama dalam membagikan takjil tersebut, baru 10 menit, ratusan takjil yang disediakan sudah ludes dibagikan.

"Dalam waktu 10 menit, sebanyak 150 kap es buah dan 10 petulo sudah habis dibagikan," ungkap Kartika.

Dia menyampaikan, takjil yang sudah dibagikan itu merupakan hasil iuran bersama teman kelasnya. Hal itu dilakukan untuk memupuk rasa kerukunan antar umat beragama.


"Itu dari iuran teman-teman, dua hari ngumpulin uang, hingga akhirnya hari ini bisa terlaksana bagi-bagi takjilnya," ucap Kartika.

Kartika menambahkan, kegiatan positif seperti ini akan terus dilakukan. "Ketika bulan puasa berikutnya akan kembali kita lakukan, karena ini cuman sekali saja kita gelar, saat momen Ramadhan," tandasnya. (*)

Apa Reaksi Anda?