SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Tingkatkan Kesadaran Lingkungan, Pemuda di Banyuwangi Tanam Pohon dan Tebar Ratusan Benih Ikan

Muhammad Nurul Yaqin - 06 December 2020 | 20:12 - Dibaca 1.36k kali
Komunitas Tingkatkan Kesadaran Lingkungan, Pemuda di Banyuwangi Tanam Pohon dan Tebar Ratusan Benih Ikan
Pemuda Semut Gunung Indonesia saat melakukan penebaran ratusan benih ikan di bekas galian C di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, Minggu (6/12/2020).

BANYUWANGI- Pemuda di Banyuwangi yang tergabung dalam Komunitas Semut Gunung Indonesia menggelar kegiatan konservasi lingkungan dalam rangka memperingati hari relawan sedunia, Minggu (6/12/2020).

Aksi lingkungan ini direalisasikan dengan menanam puluhan pohon cemara di tepi muara Pantai Bomo, Banyuwangi, sekaligus menebar ratusan benih ikan di bekas galian C di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, serta penanaman pohon di tepi jalan alternatif Dusun krajan, desa setempat.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan terhadap kelestarian alam sekitar," kata Ketua Umum Semut Gunung Indonesia, Deby Nendi Setiawan.

Deby menjelaskan, langkah penanaman pohon cemara di pinggir muara pantai merupakan salah satu usaha yang sangat positif, untuk mencegahan abrasi.

Untuk itu, Deby mengajak kepada kalangan pemuda, agar bergerak secara nyata untuk menyadarkan masyarakat di pesisir pantai dan melakukan langkah-langkah pencegahan abrasi pantai.

Sementara, dia berharap untuk ratusan benih ikan yang ditebar di galian C tersebut bisa menjadi sumber pangan dalam beberapa bulan mendatang.

"Hal inilah yang menjadi latar belakang kegiatan aksi ini sangat penting untuk dilakukan, termasuk penebaran ikan dan penanaman pohon di tepi jalan," ungkap Deby.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, selain anggota Semut Gunung Indonesia, remaja masjid, dan warga sekitar juga turut membantu mensukseskan acara tersebut. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV