SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Punya Mimpi Salat di Masjid Istiqlal, Bocah 12 Tahun Rela Kayuh Sepeda Jember-Jakarta

Wildan Mukhlishah Sy - 15 July 2022 | 17:07 - Dibaca 2.44k kali
Features Punya Mimpi Salat di Masjid Istiqlal, Bocah 12 Tahun Rela Kayuh Sepeda Jember-Jakarta
Zaki Ilham Mashudi, bocah 12 tahun asal Jember yang rela bersepeda ke Jakarta untuk tunaikan salat Idul Adha. Foto: Istimewa

JEMBER- Zaki Ilham Mashudi, seorang bocah berusia 12 tahun asal Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, rela mengayuh sepeda dari Jember menuju Jakarta, guna mewujudkan niat dan impiannya untuk salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Anak laki-laki yang akrab disapa Zaki tersebut mengaku, dirinya membutuhkan waktu sepuluh hari untuk sampai di Ibu Kota dan menunaikan keinginannya tersebut, sekaligus melaksanakan sujud syukur di Masjid Istiqlal, karena telah berhasil diterima di SMPN 1 Jember.

“Sekitar sepuluh hari, baru pulang kemarin dari Jakarta,” katanya, saat ditemui di kediamannya, Kamis (14/7/2022).

Sementara itu, orang tua Zaki mengungkapkan, keluarganya memang memiliki hobi yang sama, yakni memanfaatkan waktu libur untuk bersepeda dan melakukan perjalanan jauh bersama dengan teman-teman lainnya.

“Ya kami memang hobinya bersepeda, jadi sudah ada etape pendek. Di awal, kita belajar menempuh jarak 100 Km dulu,” ungkap Ayah Zaki Zulkarnain Marzuki.

Menurutnya, sang buah hati gemar mengendarai sepeda sejak duduk di kelas 1 SD. Bahkan seiring berjalannya waktu, Zaki juga telah melakukan perjalanan ke berbagai daerah di luar Jember, seperti Lumajang, Banyuwangi, Situbondo hingga Bali.

“Untuk perjalanan Jember-Jakarta, awalnya dia bersama kami dan teman-teman pecinta sepeda lainnya, tapi kami hanya sampai di Yogyakarta. Sementara Zaki dan Cak Pendik lanjut ke Jakarta,” paparnya.

Pihaknya juga telah menghubungi komunitas sepeda Federal, untuk berkoordinasi dan meminta bantuan, agar dapat memantau Zaki selama melakukan perjalanan jauh.

Pria yang lebih dikenal dengan sapaan Zul tersebut menjelaskan, selain ingin menunaikan niat untuk salat di Masjid Istiqal, anaknya memiliki keinginan untuk mengajak teman-teman sekolahnya menggunakan sepeda saat ke sekolah, guna mengurangi terjadinya polusi udara.

Dirinya berharap, hobby yang dimiliki oleh anak laki-lakinya tersebut, mampu membuat Zaki memiliki kesempatan untuk masuk sebagai salah satu atlet Road Bike Kabupaten Jember.

“Semoga saja nanti ada wadah dan kesempatan untuk menjadi atlet Road Bike Jember,” tandasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV