SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Transaksi Tebus Perhiasan di Pegadaian Banyuwangi Meningkat Jelang Lebaran

Muhammad Nurul Yaqin - 26 April 2022 | 15:04 - Dibaca 2.01k kali
Ekbis Transaksi Tebus Perhiasan di Pegadaian Banyuwangi Meningkat Jelang Lebaran
Warga mengantre di Pegadaian Cabang Banyuwangi, hendak melakukan penebusan barang jelang lebaran, Selasa (26/4/2022). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Warga di Banyuwangi, Jawa Timur, beramai-ramai melakukan penebusan barang berupa perhiasan yang mereka gadaikan menjelang lebaran, Selasa (26/4/2022).

Seperti di Pegadaian Cabang Banyuwangi, transaksi di pegadaian daerah ini cenderung mengalami peningkatan ketimbang waktu normal.

"Tren peningkatan transaksi terjadi pada warga yang melakukan pelunasan (tebus) barang daripada menggadaikan," kata Kepala Kantor Cabang Pegadaian Banyuwangi Agus Sulton melalui Penaksir Fitrio Anugrah.

Rio sapaan akrabnya menyebut, peningkatan tren transaksi di Pegadaian Cabang Banyuwangi sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Jelang lebaran tahun ini, kata dia, dalam sehari Pegadaian Cabang Banyuwangi bisa melayani 100 transaksi dengan nilai omset ratusan juta.

"Mayoritas sekarang banyak nasabah pelunasan, sehari kita bisa melayani sampai 100 transaksi. Perbandingannya itu, 85 orang transaksi pelunasan sisanya gadai," beber Rio.

Dia menyampaikan, jelang lebaran biasanya transaksi penebusan memang cenderung mengalami peningkatan. Lantaran barang-barang yang digadaikan akan digunakan saat hari raya.

"Rata-rata di kami paling banyak nasabah perhiasan. Memang setiap tahun jelang lebaran itu banyak yang nebus. Biasanya untuk berhias di hari raya nanti," kata Rio.

Ia memprediksi puncak transaksi penebusan barang di Pegadaian Cabang Banyuwangi akan terjadi pada pekan ini. 

Namun, kata Rio, berbanding terbalik ketika nanti pasca lebaran. Warga biasanya kembali menggadaikan perhiasannya.

"Jadi ketika menjelang lebaran tren tebus tinggi. Namun ketika nanti pasca lebaran, tren gadai biasanya berbalik meningkat," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya