SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Ribuan Warga Tumpah Ruah Saksikan Karnaval Bhinneka Tunggal Ika Pemkab Probolinggo

Lutfi Hidayat - 20 August 2022 | 15:08 - Dibaca 1.98k kali
Budaya Ribuan Warga Tumpah Ruah Saksikan Karnaval Bhinneka Tunggal Ika Pemkab Probolinggo
Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko bersama Ketua TP PKK dan sejumlah Forkopimda menari bersama para guru berkostum siswa

PROBOLINGGO - Kerinduan masyarakat Kabupaten Probolinggo akan hiburan rakyat akhirnya terobati.

Pagelaran Karnaval Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI oleh Pemkab Probolinggo disaksikan ribuan warga.

Meski panas terik namun warga tetap bergeming berdiri di sisi kanan dan kiri jalan yang menjadi rute karnaval.


"Panas sih mas, tapi sudah lama juga gak lihat karnaval begini. Sudah dua tahunan lah, jadi ya tak tahan saja panasnya. Kan banyak pohon di jalan ini," ungkap Fitriawati, pengunjung asal Kecamatan Besuk, Sabtu (20/08/2022).

Karnaval diikuti 48 kelompok peserta dari utusan masing-masing OPD, instansi dan kantor kecamatan.

Rute karnaval dilepas dari eks Kantor PMI lama dan berakhir di depan Gereja Kristen Jawi Wetan, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

Sesuai tema yang diusung, para peserta menampilkan kostum terbaik mereka dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ada yang berkostum Reog Ponorogo, pakaian ada Papua, teatrikal pejuang tempo dulu, Etnis Tionghua dan beragam pakaian adat daerah di Indonesia.

"Tadi yang seru itu para guru berkostum siswa PAUD, SD sama SMP. Pas nyanyi lagu guruku tersayang, pak Bupati dan yang lain sampai ikut semua," imbuh Fitriawati.


Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko mengatakan Pemkab Probolinggo ingin kembali menggugah masyarakat bahwa Indonesia ini ada ke-Bhinneka-an, 

Gelaran karnaval itu juga dalam rangka bagaimana menggairahkan kembali masyarakat yang sempat dibatasi pandemi Covid-19, kini sudah bisa memulai kembali dan relaksasi dalam merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

"Ini yang saya pakai baju adat Gorontalo ya, seperti yang saya katakan tadi kita akan menjaga ke-Bhinneka-an Indonesia ini. Alhamdulillah, ini luar biasa. Kejutan, masyarakat antusias sekali dan partisipasi dari masyarakat sangat banyak," terangnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV