SUARA INDONESIA BANYUWANGI

Bayi Rewel Malam Hari? Ayah Bunda Perlu Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nur Yasit - 10 September 2022 | 16:09 - Dibaca 2.69k kali
Artikel Bayi Rewel Malam Hari? Ayah Bunda Perlu Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya
Bayi rewel di malam hari: pixabay

SUARA INDONESIA - Ayah dan bunda mungkin sering menemukan si kecil rewel di malam hari. Kondisi tersebut lumrah terjadi pada bayi. 

Menangis menjadi satu-satunya cara bayi memberitahu bahwa dirinya merasa tidak nyaman. Biasanya di malam hari bayi rewel disertai tangisan dan teriakan. 

Sering kali, kondisi ini menyebabkan ayah dan bunda kebingungan, apalagi bagi yang pertama kali memiliki anak. 

Lalu, apa saja hal yang bisa bikin si kecil merasa tidak nyaman sehingga rewel di malam hari? 

Dikutip dari klikdokter, penyebab bayi rewel di malam hari terdapat beberapa penyebab di antaranya: 

1. Bayi Lapar

Bayi belum bisa berbicara untuk memberitahukan bahwa dirinya sedang lapar. Karenanya, saat si kecil rewel bisa jadi pertanda bahwa dia sedang merasa kelaparan. 

2. Bayi Kolik

Penyebab bayi rewel di malam hari berikutnya adalah kolik. Kolik adalah kondisi ketika bayi menangis terus-menerus. Biasanya, tangisan ini dapat berlangsung lebih dari tiga jam dalam sehari dan setidaknya terjadi selama tiga hari dalam sepekan. 

Ayah dan bunda tidak perlu khawatir karena kolik bukanlah gangguan medis. Kondisi normal pada bayi ini juga dapat hilang dengan sendirinya. 

“Meski begitu, jika bayi rewel hingga lebih dari tiga minggu, orang tua perlu berkonsultasi langsung dengan dokter anak,” kata dr. Dyah. 

3. Popok Bayi Basah

Popok basah dapat membuat bayi rewel di malam hari. Soalnya, bayi bisa merasa tidak nyaman akibat popok basah yang lembab. 

4. Bayi Lelah

Bayi menggunakan tubuhnya untuk bergerak ke segala arah. Hal ini merupakan bagian dari cara bayi belajar untuk mengenal dan menggunakan tubuhnya. Ketika bergerak terlalu banyak, bayi bisa merasa lelah dan pegal. Kondisi ini membuat si kecil menangis. 

5. Bayi Bosan

Terlalu lama berbaring di tempat tidur bisa membuat bayi merasa bosan. Menangis jadi cara si kecil untuk memberitahu Ayah dan Bunda bahwa dirinya merasa bosan. Biar bayi kembali tenang, Ayah dan Bunda bisa menggendongnya atau mengajaknya bermain. 

6. Bayi Night Terrors

Night terrors berbeda dengan mimpi buruk. Night terrors adalah kondisi yang menyebabkan seseorang berhalusinasi, ketakutan, berteriak, berkeringat, menangis di tengah tidur, tetapi sulit untuk terjaga. 

7. Ritme Tidur Bayi Belum Teratur

Ritme sirkadian adalah jam internal yang mengatur siklus 24 jam di dalam tubuh manusia. Jam internal ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama cahaya matahari. 

8. Bayi Kesepian

Tidak hanya orang dewasa yang bisa merasakan kesepian, tetapi bayi juga. Terlebih karena sering terjaga sendirian di malam hari, bayi bisa merasa kesepian.

Karenanya, ketika ayah dan bunda beranjak ke ruangan lain dan meninggalkannya sendirian, si kecil bisa menangis. Hal serupa juga terjadi ketika dia terbangun sendirian di malam hari. 

Ada beberapa cara menenangkan bayi rewel di malam hari. Di bawah ini, beberapa tips yang bisa ayah dan nunda terapkan di rumah. 

1. Menggendong dan Mengayun Bayi

Ketika bayi rewel di malam hari, ayah dan bunda bisa langsung menggendongnya ataupun pakai gendongan bayi.

2. Ajak Bayi ke Luar Rumah

Bayi rewel malam hari bisa karena si kecil bosan dengan lingkungan di dalam rumah. Tidak ada salahnya, ayah dan bunda ajak bayi ke luar rumah sejenak. 

Dengan mengajaknya ke luar rumah, bayi dapat melihat pemandangan dan memperbaiki suasana hatinya. 

3. Berikan Bunyi-Bunyian

Perhatian bayi yang sedang rewel juga dapat dialihkan. Ayah dan nunda bisa mengalihkan perhatian si kecil dengan memberikan bunyi-bunyian lembut. 

Ayah dan nunda bisa bersenandung, bergumam, atau menyalakan musik yang membuat perhatian bayi yang rewel teralihkan. Suara musik yang dimaksud misalnya gemericik air, ombak, dan kicau burung. 

4. Beri Sentuhan Kepada Bayi

Lelah bisa jadi penyebab bayi rewel di malam hari. Untuk mengatasi hal ini, ayah dan nunda bisa memberikan sentuhan lembut pada si kecil. 

Caranya dengan menggendong dan memberikan bayi pijatan lembut yang membuatnya merasa nyaman. Agar bayi dapat tidur kembali, ayah dan nunda juga bisa meredupkan lampu tidur. 

5. Beri ASI

Seperti telah disampaikan, lapar juga bisa jadi penyebab bayi rewel di malam hari. Karenanya, nunda harus memberikan ASI pada bayi sesering mungkin. 

Variasikan pula posisi menyusui si kecil, seperti dengan berbaring miring, berbaring telentang, sedikit mengayun, dan berjalan. 

Itulah beberapa penyebab dan cara menangani bayi rewel malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi ayah bunda yang sedang memiliki bayi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Nur Yasit
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya